Ampuh! Cara Meningkatkan Motivasi Belajar

Sudah berapa kali anda malas belajar??
Tidak kehitung kan...

Sebelum anda lanjut membaca, tolong dipersiapkan mental anda bahwa setelah membaca artikel cara meningkatkan motivasi belajar ini, anda harus segera melakukannya, tidak hanya sekedar membaca atau mereview saja. Lakukan itu yang terpenting.

Semoga membantu anda :D

Cara meningkatkan Motivasi Belajar


Apa itu Motivasi Belajar 

Sebelum ke step selanjutnya, pahami dulu apa itu motivasi belajar. 
Motivasi belajar bisa kita pahami sebagai cara atau usaha untuk mencapai kondisi tertentu dalam hal belajar tentunya, sehingga seseorang mampu dan lebih semangat lagi untuk belajar. Ya bisa diartikan sebagai upaya untuk bisa menikmati belajar. 

Dari pengertian yang saya maksud disini, sudah jelas kan bahwa untuk memiliki motivasi belajar yang tinggi, berarti kita butuh cara untuk meningkatkannya.

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar

Artikel ini juga sebagian dari pengalaman saya dan pengetahuan saya. Dengan merangkumnya menjadi 6 cara meningkatkan motivasi belajar.

1. Pilihlah Hal yang Ingin Anda Pelajari

Pilih hal yang ingin anda pelajari, bisa di mulai dari hobi anda atau minat anda. Jangan terpaku pada materi di sekolah atau kampus, karena itu bisa mematikan pola pikir yang kreatif dan mengurangi anda untuk bisa berwawasan luas. Ingat pilih dulu hal hal yang bisa membuat anda senang dengan mempelajarinya, tentunya masih dalam konteks positif ya. Jangan pelajari ilmu aneh-aneh seperti ilmu hitam wkwkwk.

2. Gunakan Alasan yang Kuat

Alasan yang kuat untuk belajar, bisa anda tulis beberapa alasan mengapa anda ingin mempelajarinya. Misalnya alasan tentang hasil yang dicapai, alasan tentang tujuan dan alasan lainnya yang bisa anda anggap sebagai motivasi belajar anda sendiri. 

Sebagai contoh : Anda memilih belajar memasak dengan alasan anda ingin menjadi koki, atau bisa juga alasan agar menjadi istri atau menantu idaman haha. Ini contoh alasan simple, namun ketika alasan ini menjadi landasan dan tujuan yang kuat maka besar kemungkinan motivasi belajar anda akan semakin kuat.

3. Perbaiki Metode Belajar Anda

Sudah banyak media belajar yang bisa anda akses dengan mudah, ganti metode belajar anda. Coba perhatikan keseharian anda, berapa waktu yang terbuang untuk memainkan gadget atau hanya stalking si dia. Nah coba ubah prilaku ini menjadi metode atau kebiasaan anda untuk mempelajari minat anda, kurangi stalking si dia dengan mempelajari cara masak misalnya, bisa membaca artikel, lihat tutorialnya di youtube.
Nonton sambil praktek, jangan hanya nonton doang tidak bakalan berhasil.

4. Gabung Group/Komunitas

Jangan lupa bersosial, gabung dengan group/komunitas online/offline yang seminat atau sehobi dengan anda, bisa group di facebook, dan medsos lainnya. Interaksi dengan teman komunitas/group anda agar mendapatkan banyak informasi dan inspirasi, dan ini juga saya praktekan dengan saya bergabung dengan group penulis dan alhasil motivasi belajar saya untuk menulis tetap tinggi kok.


5. Jadwalkan Kapan Anda Harus Belajar

Ingat, melakukan sesuatu yang terjadwal itu lebih nyaman daripada melakukan tidak karuan waktunya. Atur jadwal belajar anda, banyak belajar jangan lupakan hiburan dan jalan-jalannya ya.
Jadwalkan belajar anda, buatlah list harian sederhana, kapan anda belajar, kapan untuk main, kapan untuk ibadah. Kalau terjadwal biasanya terasa lebih nikmat kok hidup anda.

6. Hargai Pencapaian Anda

Jangan nunggu dan berharap orang lain memberi penghargaan terhadap pencapaian anda. Sekecil apapun pencapaian anda, jangan lupa beri penghargaan pada diri sendiri, paling sederhana anda bersyukur ketika mencapai sesuatu yang baru. Hadiahi keberhasilan sekecil apapun bisa dengan bermain, jalan-jalan, merayakan dengan nongkrong dengan teman anda. Dan yang paling ampuh, tulis apa saja yang telah anda capai di buku pribadi anda yang berharga. Ketika anda mulai jenuh belajar, stop belajar dan coba baca ulang penghargaan anda. 


6 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar ini semoga bisa bermanfaat, ambil sesuatu yang baik, lakukan jangan hanya di angan-angan atau anda hanya akan menemui ajal di mimpi anda. Semoga motivasi belajar kita semua bisa naik dan naik.

~Jangan Lupa Belajar

Belum ada Komentar untuk "Ampuh! Cara Meningkatkan Motivasi Belajar"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang sopan ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel