7 Hal yang Harus Dilakukan Untuk Memotivasi Diri Sendiri Setelah Mengalami Kegagalan

7 Hal yang Harus Dilakukan Untuk Memotivasi Diri Sendiri Setelah Mengalami Kegagalan
Kegagalan dan kesuksesan adalah bagian dari hidup kita. Tantang dan lawan lah kegagalan kegagalan anda. Kegagalan hanyalah landasan kesuksesanmu karena gagal sering dapat menunjukkan jalan yang benar untuk menuju sukses. Kegagalan tipe apapun harus bisa ditangani sebaik mungkin. Saat anda merasa hidup anda jatuh, anda harus belajar menghadapi kegagalan dan ketakutan anda untuk mempersiapkan diri menuju sukses. Masalahnya, apa anda yakin bisa melakukannya?

Berikut adalah cara terbaik yang dapat membantu anda membersihkan debu dari diri sendiri dan kembali ke rutinitas anda dengan mudah:

1. Lingkungan yang Memotivasi Secara Emosional
Ketika anda mengalami kegagalan, wajar untuk merasa terluka secara emosional. 48% orang mengakui kegagalan dapat mempengaruhi sisi negatif bagi kehidupan profesional dan pribadi. Karena itu, penting bagi anda untuk keluar dan mulai memulihkan diri.

Luangkan waktu anda untuk mencari lingkungan segar dan nyaman untuk membantu mengontrol emosional anda misalnya untuk religius bisa maen kepesantren atau komunitas islami. Nimbrung ke lingkungan komunitas hobi atau komunitas yang ada manfaatnya, lalui kegagalan dengan melakukan hal bermanfaat. Dengan begitu emosional anda yang tidak stabil dapat memotivasi anda secara perlahan

2. Rencanakan Tindakan anda Selanjutnya
Cara terbaik untuk membalikkan kondisi kegagalan adalah bergerak maju. Tentukan tindakan apa yang akan anda ambil selanjutnya. Dimana tindakan anda harus positif dan produktif. Jangan lupa tulis tindakan positif anda di tempat yang selalu anda lihat, misalnya post note di cermin. 

3. Ubah Kesalahan Anda Menjadi Pelajaran Anda
Kegagalan adalah batu loncatan menuju kesuksesan anda. Setiap kegagalan adalah selangkah menuju ke titik kesuksesan. Pelajari kesalahan yang membuat anda gagal, dan ubah kesalahan tersebut sebagai action positif dan memperbaiki tindakan anda kedepannya.

Perlu dipahami bahwa kegagalan juga bisa mengajari anda rasa tanggung jawab, semakin anda bisa memahami dan menghadapi kegagalan, maka semakin besar juga rasa tanggung jawab anda, tentunya dengan mempelajari dan mengubah kesalahan anda di masa lalu.

4. Kesalahan Itu Alami
Kita harus paham bahwa semua orang membuat kesalahan. Sebagian besar pengusaha sukses saat ini telah belajar banyak pelajaran dari kegagalan mereka dan menjadi sukses di kemudian hari. Tidak ada yang salah dengan gagal atau membuat kesalahan. Bagaimana bisa mempelajari kebenaran ketika seseorang belum mempelajari kesalahan.

Karena itu, ingatlah untuk bangkit dari lubang kegagalan atau kesalahan dan fokus pada apa yang akan anda lakukan selanjutnya. Meski mengalami apa rasanya kegagalan, jangan takut menghadapinya lagi. Cara untuk sukses dengan melewati banyak kegagalan, dan mempelajari cara yang tepat untuk melakukan tindakan kedepannya.

5. Temukan Inspirasi
Banyak motivator yang ada di Indonesia khususnya, anda bisa temukan tulisan motivasi mereka di internet, media sosial, bahkan saudara, teman andapun bisa menjadi motivator anda. Pelajari nasehat-nasehat mereka, cobalah terbuka dengan pendapat mereka, meski ada beberapa hal yang tidak kamu setujui, namun mendengarkan nasehat orang lain bisa mendatangkan aura positif dan dorongan positif pula untuk maju ke sukses. Pilihlah seseorang yang bisa menjadi inspirasi anda sehingga membuat anda untuk bergerak maju dan fokus pada aspek terbaik dalam hidup anda.

6. Evaluasi Kembali dan Rencanakan yang Terbaik
Apa yang salah? Jawaban atas pertanyaan ini dapat membantu anda mengevaluasi kesalahan yang telah anda lakukan. Misalnya, seseorang yang gagal berbisnis jual online, setelah dia mengevaluasi kegagalannya ternyata ada kesalahan pada marketing/pemasarannya sehingga dia merencakan untuk merubah pemasarannya dengan metode yang lebih baik.

Kegagalan mengajarkan kita untuk belajar memahami setiap tindakan kita, andaikan semua orang sukses, maka mereka akan malas untuk belajar dan pastinya tidak akan bisa menghargai sebuah proses.

7. Harapkan Hasil Terbaik
Sebanyak apapun anda gagal, jangan sampai berhenti berharap. Berharap adalah kekuatan terbesar dalam diri seseorang untuk tetap bisa maju dan hidup yang lebih baik. Tempatkan harapan terakhir dan terbesar anda pada Tuhan (Allah bagi yang muslim). Takut wajar dan penting agar anda tidak mengulangi kesalahan di masa lalu, tapi berlarut-larut dalam ketakutan hanya akan membuat anda jalan ditempat bahkan menghentikan langkah anda


Jangan biarkan kegagalan memengaruhi harga diri anda. Pertahankan moral anda tetap tinggi, dan jangan kehilangan kepercayaan diri. Dengan mempelajari situasi sulit anda, inshaallah anda bisa lebih lebih dekat lagi dengan kesuksesan yang anda gambarkan.

Semoga bermanfaat

~Jangan Lupa Bahagia

Belum ada Komentar untuk "7 Hal yang Harus Dilakukan Untuk Memotivasi Diri Sendiri Setelah Mengalami Kegagalan"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang sopan ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel