Bentuk Hubungan Sosial yang Dapat Meningkatkan Motivasi

Hubungan Sosial

Hubungan sosial merupakan istilah yang sering kita dengar dan bahkan kita pasti melakukannya. Istilah ini bisa kita kenal juga dengan Interaksi sosial, tetapi tidak bisa di katakan keduanya adalah istilah yang sama dalam pengertiannya.

Apa Itu Hubungan Sosial ?

Pengertian hubungan sosial dapat kita pahami sebagai hubungan yang melibatkan interaksi antara dua orang atau lebih, misal individu dengan individu atau individu dengan kelompok.

Jejaring yang menghubungkan antar individu ini bisa terjadi di masyarakat, sekolah, tempat pekerjaan, tempat wisata, bahkan di medsos (milineal). Hobi, pekerjaan, kultur, budaya, adat, agama dan lain sebagainya juga merupakan jejaring hubungan sosial yang mudah kita temui di kehidupan sehari-hari.

Namun apa kaitannya hubungan sosial dengan meningkatkan motivasi diri seseorang?

Coba kita pahami lebih melebar lagi, manusia adalah makhluk sosial dimana kita sudah tahu bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri, dan butuh bantuan dari orang lain karena itu sudah menjadi kodrat manusia hidup di bumi. Ketika kita sedang mengalami kegagalan hingga depresi atau stres itu tandanya motivasi kita sedang down, dan salah satu cara meningkatkan motivasi yaitu bersosial seperti di artikel 7 Hal yang Harus Dilakukan Untuk Memotivasi Diri Sendiri Setelah Mengalami Kegagalan dan 5 Cara Bebas dari Stress dalam 5 Menit.

Nah mulai paham kan apa kaitannya hubungan sosial dengan meningkatkan motivasi?

Lalu apa saja hubungan sosial ini yang dapat meningkatkan motivasi diri seseorang

3 Bentuk Hubungan Sosial yang Dapat Meningkatkan Motivasi

1. Bekerja sama dengan orang lain

Bekerja sama dengan orang lain ini bisa dalam hal hobi, pekerjaan, minat, agama dimana ada hubungan timbal balik atau hubungan sebab akibatnya. Misalnya Andi berteman dengan Indra karena hobi Indra sama dengannya yaitu main futsal, dan akhirnya mereka bekerja sama untuk bermain sebagai tim.

Contoh sederhana ini menjadi bukti bahwa tidak hanya Andi, bahkan Indra pun akan lebih semangat lagi bermain futsal, karena ada seseorang yang bisa mendorong kegemarannya.

Bekerjasama bisa dilakukan secara langsung atau tidak langsung sesuai dengan konteks situasi kondisi dan juga waktu.

2. Dahulukan membantu orang lain

Bentuk hubungan sosial yang satu ini sangat penting bagi kita untuk meningkatkan kepribadian kita lebih baik lagi. Jika pribadi kita baik, saya rasa motivasi hidupnya pun juga baik.

Membantu seseorang dapat meningkatkan motivasi karena ada hal yang bisa kita pelajari. Kita dapat memahami apa itu kesulitan, karena kita mampu membantu meringankan kesulitan orang lain yang tentunya dalam batasan kita mampu membantunya. Dan juga feedback positif dari orang yang kita bantu akan membuat kita semangat untuk terus berbuat baik. Memang hal ini sensitif terhadap istilah Riya', namun abaikan itu dulu dan fokus tetap berbuat baik dengan begitu istilah Riya' akan menjadi kebiasaan berbuat baik

3. Berkompetisi dengan orang lain

Hubungan sosial yang terakhir ini sangat menarik khususnya dalam meningkatkan motivasi. Coba kita telaah ulang kehidupan kita, pernahkan sesekali kita merasa semangat ketika ingin melampaui seseorang. Misalnya dulu di kelas sewaktu sekolah atau yang lagi di kampus, seseorang merasa lebih giat lagi untuk belajar hanya untuk juara kelas dan melampaui temannya.

Atlet indonesia yang berlatih mati-matian untuk memenangkan event seperti Asean Games. Nah yang menjadi penyebab mereka semangat berlatih tidak lain karena ada rival di hadapan mereka, ada kompetisi yang harus mereka menangkan.

Jadi bisa kita simpulkan kompetisi atau rival adalah salah satu dari bentuk hubungan sosial yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi diri seseorang.

Apabila teman-teman yang membaca blog ini ada tambahan bentuk hubungan sosial yang dapat meningkatkan motivasi silahkan tulis dikomentar. Semoga artikel ini dapat membantu kalian.

~Jangan lupa bahagia

Belum ada Komentar untuk "Bentuk Hubungan Sosial yang Dapat Meningkatkan Motivasi"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang sopan ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel